Apa Saja Kandungan Buah Apel?




An apple a day keeps the doctor away

Mau sehat? Rajin-rajinlah mengonsumsi apel setiap hari!

Apel atau Malus domestica adalah sejenis buah yang memiliki tekstur daging yang keras, berkulit agak lembek, dan memiliki rasa yang manis. Apel biasanya berwarna merah, tapi ada juga yang berwarna kuning atau hijau. Buah apel pertama kali berasal dari wilayah Asia Tengah yang kemudian menyebar ke Asia, Eropa, dan seluruh dunia. Saat ini ada lebih dari 7500 jenis apel yang sudah dibudidayakan oleh petani apel. Masing-masing jenis apel memiliki ciri khasnya yang disesuaikan dengan kegunaannya.

Dunia sains dan kedokteran telah membuktikan bahwa apel memiliki berbagai vitamin dan mineral yang berguna untuk menyehatkan dan melindungi sistem tubuh manusia. Selain vitamin dan mineral, buah apel juga mengandung zat lain serperti zat antioksidan dan anti-kanker. Konsumsi buah apel yang rutin dalam sehari dapat mengurangi resiko terkena penyakit-penyakit seperti diabetes, kanker, atau keropos tulang.

Apa saja kandungan dalam buah apel?



1. Zat Pectin

Zat Pectin, adalah polimer heterosakarida yang diperoleh dari tumbuhan darat. Zat pectin adalah antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol negative dan meningkatkan kolesterol positif.

2. Phytochemical

Phytochemical, adalah zat yang hanya ditemukan dalam buah dan sayur. Phytochemical ini mampu mencegah kanker, kerusakan sel, oksidasi, dan mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

3. Zat Baron

Zat Baron, adalah zat yang berguna untuk mencegah tulang keropos dan penyakit jantung.

4. Tanin

Tanin, adalah senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan. Senyawa ini memiliki fungsi untuk mencegah gigi keropos, penyakit gusi, dan penyakit infeksi saluran kencing.

5. Potasium

Potasium, adalah mineral yang banyak didapat dari buah-buahan. Banyak mengonsumsi potasium dapat mencegah stroke atau darah tinggi.

6. Zat Quercetin

Zat Quercetin, adalah flavanoid yang bermanfaat banyak bagi kesehatan kulit.

    Untuk mendapatkan manfaatnya, buah apel tidak harus dikonsumsi dalam bentuk buah. Kini ada beragam cara penyajian buah apel, salah satunya dalam bentuk sari buah. Sari Buah Apel Flamboyan terbuat dari sari apel asli sehingga tidak kehilangan manfaat-manfaat yang terkandung dalam buah apel itu sendiri. Selain itu, Sari Buah Apel Flamboyan menggunakan gula murni dan tidak menggunakan zat pewarna sehingga aman dikonsumsi untuk semua kalangan.



    Jadi, sudahkah anda mengonsumsi apel hari ini?